RIZQI FAJRIANA BLOG’S

Kalo’ ini cinta?! Cintamu yang mana???

Posted on: 29 Januari, 2008

Dari potongan lagu Belahan Jiwa By D.O.T

Kaulah Belahan jiwaku
Kaulah curahan hatiku
Kaulah tumpuan hidupku
Kaulah segalanya

Ugh….So sweat!!! Ehm…gimana ya kalo kamu itu yang ditunjuk sebagai Kau pada lagu di atas. Maybe, ada banyak reaksi dan ungkapan spontan yang bakalan hinggap di tiap orang tergantung kategori yang mana orang tersebut. Maksudnya apakah orang tersebut doyan dengan cinta yang kacangan atokah cinta yang hakiki dan abadi. Cie… Dalem banget!!! Nih, aku kasih beberapa kemungkinan yang terjadi pada varietas orang tersebut: Kemungkinan yang pertama kamu bakalan ngelus dada dan spontan bibir kamu berucap istighfar berulang kali bahkan ribuan dan gak ada hentinya biar setan yang mengusung shawat itu pergi jauh-jauh. Kemungkinan yang kedua yaitu kamu loncat kegirangan sebab kamu bahagia banget denger kata-kata dari orang tersebut dengan serta merta kamu bilang “Okey honey!”. Kemungkinan yang ketiga kamu bakalan menunduk dan gak mau bertatap muka ke orang yang nyanyi itu. Kemungkinan yang keempat bendungan air matamu jebol hingga pipi kamu kebanjiran karena air mata. Ato kemungkinan lain yang gak terhingga yang bakalan terjadi.

Wah, ternyata ribet banget kan ngebahas berbagai kemungkinan yang terjadi pada diri seseorang. Nah, berikut ini akan aku jelaskan gimana pembagian kategori tersebut. Simak aja di bawah ini :
1.Kategori yang pertama yaitu kamu masuk golongan orang yang bener-bener ngangungin cinta sebab kamu tuh tunduk banget ama pemilik cinta di atas cinta. Dialah sang Pencipta. Allah. Cinta demikian merupakan hakikat cinta pada tingkatan yang tertinggi yaitu cinta yang menghamba dan tunduk yang wujudnya patuh dan taat akan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
2.Kategori yang kedua yaitu kamu itu orang yang hiperaktif, kelebihan hormon Oxytosin karena kebanyakan menghirup wangi bunga melati ato bunga lain yang mengandung minyak atsiri. Wah, bisa bahaya tuh! Bisa-bisa tiap ingat yang nyanyi itu kamu bakalan jingkrak-jingkrang gak karuan gak peduli di kamar kek, jalanan umum kek, toilet kek ato dimana aja deh yang penting kamu dah meluapkan kebahagianmu itu. Jika cintamu demikian kamu terbilang berada pada derajat cinta yang membahayakan. Lho kok bisa? Ya karena tiap ada orang yang ngungkapin cinta ke kamu langsung kamu terima tanpa lulus sensor yang penting kamu seneng.
3.Kategori yang ketiga kamu tuh tipikal pemalu. Bersyukurlah kalo’ kamu golongan orang-orang ini sebab hadits Rasullulah SAW berkata “Sebagian dari iman itu adalah malu..” Siip banget kan, kalo’ kamu ngamalin akhlak (perilaku) yang dianggap orang-orang sepele. Padahal perilaku tersebut jelas-jelas dah diungkapin oleh manusia yang paling terpuji akhlaknya. Ngapain kalo’ gak kita lakuin?! Rugi lho!!! Kalo’cintamu demikian berarti cinta kamu tuh biasanya tersembunyi dan jauh berada dalam ruang hati yang terdalam yang hanya mampu digali oleh orang tertentu aja tentunya sesuai impian kamu.
4.Kategori yang keempat kamu tuh masuk golongan orang yang melankolis. Mudah terharu, dikit-dikit tersentuh. Ehm..ada bagus dan juga enggaknya sih. Di sisi kebaikan kamu tuh mudah banget simpati bahkan empati ama orang. Ini bisa bermanfaat buat dinas sosial yang kekurangan orang. Kamu bisa daftar dan insya Allah kalo ikhlas kamu bakalan dapat pahala kok. Sisi jeleknya hati kamu yang lembut kayak sutra itu bisa dimanfaatin orang yang gak bener buat nipu. Hati-hati aja deh! Jika cintamu demikian kamu masuk antara penjelasan nomor 2 dan 3 tergantung jalar mana yang bakalan kamu pilih.

Dari sekian banyak kategori orang yang merasakan cinta, sebenarnya apa seh itu cinta??? Penasaran kan?! Aku juga, makanya baca baik-baik dan renungkan hakikat cinta itu sendiri!!!

Cinta menurut kamus besar Indonesia mengandung pengertian sebuah kata yang isinya rindu, khawatir, harapan yang melambung tinggi, kesukaan akan sesuatu entah itu benda atokah seseorang (Poerwadarminta, 1982). Cinta menurut Imam Ghazali (1997), yaitu berasal dari bahasa Arab yaitu Hubbi’ yang mengandung sebuah kecenderungan perilaku yang menyenangkan atau dianggap enak. Cinta merupakan sebuah proses panjang akibat kematangan seksual pada diri manusia (Kartini kartono, 1986), Menurut penulis terkenal yang telah melalang buana ke negeri khayal beromansa wangi bunga yaitu Khalil Gibran cinta adalah keindahan sejati yang terletak pada keserasian spiritual. Cinta menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah adalah kata yang mengandung banyak sekali pengertian bergantung pada hati yang seseorang itu rasakan misalnya saja cinta itu bisa rindu, bisa nafsu, bisa kasih sayang bisa pula sebuah keterikatan.

Kalo semua itu kita hubungkan dengan berbagai peristiwa alam yang terjadi di kehidupan seharí-hari cinta juga bisa diibaratkan logam positif dan logam negatif yang saling tarik-menarik membentuk senyawa yang terproses melalui ikatan-ikatan kimia tertentu dan akan terurai kembali menjadi partikel-partikel akibat reaksi kimia tertentu pula. Lho kok bisa?! Logam tersebut merupakan sang pencari cinta (bisa dua pelaku cinta ato bahkan lebih), reaksinya adalah rentetan peristiwa yang telah terlewati oleh detik-detik menuju klimaks yang bernama kebahagian atokah kesedihan akibat cinta, ikatan-ikatannya adalah berbagai hubungan pertalian yang terjadi antara dua ato tiga pelaku cinta tersebut dalam meraih hakikat cinta.

Bagi tumbuhan, cinta bagaikan matahari dan air yang memberikan energi sebagai sumber bahan baku fotosintesa untuk pertumbuhannya, tanpa keduanya tumbuhan tersebut gak akan bisa tumbuh lebih tinggi tapi layu lama-kelamaan mati. Nah lho! Berat banget kan perumpaman cinta itu sampai-sampai tumbuhan aja bisa tumbang gara-gara cinta!!!

Bagi makhluk hidup yaitu hewan, tumbuhan, dan manusia cinta itu ibarat air yang selalu dibutuhkan dan gak bisa terganti sampai kapan pun sebab air adalah senyawa utama yang selalu dicari-cari makhluk hidup tanpa air makhluk hidup itu bisa mati bahkan air pun merupakan syarat utama ciri-ciri apakah planet itu menunjukkan adanya kehidupan ato gak. Dan lagi, tubuh kita itu 70 %nya adalah air. Ehm… seperti itukah cinta???

Wah, jadi pusing nih mendefinisikan dan mengibaratkan cinta sebab kata yang satu ini gak bisa diotak-atik. Hanya bisa dirasakan, dinikmati dan dijalani sesuai rambu-rambu cinta yang berlaku. Seseorang pernah berkata “Siapapun orang yang mendefinisikan cinta adalah orang yang bodoh”. Tuh kan, emang lima huruf yang terangkai ini bisa bikin botak kepala. Makanya hati-hati aja bila kamu terkena virusnya. Gawat!!! Banyak kok contohnya Romeo dan Juliet aja bunuh diri karena cinta, Majnun gila karena cinta pada Laela, Zulaikha aja bisa berbuat hal yang gak senonoh gara-gara cinta. Masih banyak peristiwa lain yang gak bisa aku sebutin satu-persatu di sini.

Seperti apa sih wujud cinta itu???

1.Keinginan untuk terus memberi tanpa syarat. Cinta seperti ini berwujud kasih sayang, contohnya orang tua yang gak hentinya memberi apapun yang kita pinta tanpa imbalan apapun. Bener gak sih?! Ya iyalah, pernah seorang ibu berkata, “Apapun yang diinginkan oleh anak saya, saya akan menurutinya asalkan keinginannya itu baik dan berguna. Jika saya gak bisa mengabulkan permintaan anak saya, saya sakit, mbak. Perih! Hiks..hiks” Itu salah satu respon kasih ibu pada anaknya, aku yang mendengarkan curhatan ibu itu gak bisa menahan sedih.
2.Simpati dan empati. Biasanya wujud cinta ini akan kita rasakan ketika kita melihat penderitaan seseorang di hadapan kita. Entah, mengapa rasa itu akan timbul dan tiba-tiba saja tangan kita bergerak untuk segera mengulurkan tangan pada orang tersebut.
3.Ukhuwah Islamiah (Persaudaraan karena Allah), wujud cinta yang satu ini gak bisa diragukan lagi, insya Allah abadi karena berlandaskan perintah Allah SWT. Tapi, jangan atas nama ukhuwah cinta itu dijadikan tameng untuk melindungi kita dari kerikil-kerikil hati yang bisa menggelincirkan kita dari Ibadah pada Allah.
4.Sweat memory just in the day, wujud cinta seperti ini hanya berlandaskan nafsu. Kebahagiaan yang semu, gak bakal kekal. Ingat bro, cinta jangan dijadikan berhala!!! Cinta itu gak layak disembah, dipuja-puja, ditutupi dengan wangi yang beraroma tapi sebenarnya busuk yang gak berharga. Cinta itu harusnya ditunjukkan untuk sang Maha Cinta Abadi, Allah SWT.
5.Rasa aman dan nyaman, wujud cinta seperti ini bisa kita lihat di lingkungan kita seperti induk kanguru yang akan memasukkan anaknya ke dalam kantung sebagai upaya perlindungan. Nah lho! Hewan aja bisa berbuat seperti itu, masak kita gak???
6.Kesetiaan, wujud cinta ini bisa kita rasakan tiap hari, betapa Allah sangat mencintai kita memberikan matahari yang begitu setia menyinari bumi yang berotasi tiap harinya hingga hari akhir, memberikan kita cahaya, energi, de-el-el
7.Nrimo dan Legowo, maksudnya sang pelaku cinta akan tunduk dan melakukan berbagai amr (perintah) yang berasal dari pencuri hati dan ketundukkan itu dilasanakan sepenuh hati dan ikhlas.

Nah, udah jelaskan tentang apa itu cinta? Kalo cinta menurutku adalah sebuah kata yang tercipta dari lima huruf yang memiliki arti yang berbeda pada tiap hurufnya, yang hanya bisa dinikmati oleh hati, dirasakan oleh jiwa, dilihat dari perilaku dan tutur kata, berada dalam ruang yang gak terjamah oleh mata sebab cinta terselubung di palung jiwa. Kalo cinta menurutmu????

Akhir kata cinta adalah penCiptakan rasa yang Indah dan keNikmatan Tiada tara Atas ridho Allah tentunya.

Wallahu’alam bisshowab

1 Response to "Kalo’ ini cinta?! Cintamu yang mana???"

kok dari dulu yang dibahas cinta tok se?
Yang lain gitu lo
Tapi tafadhol se cz inilah karakter tulisanmu
Beda 180derajat dengan karakter tulisanku
Kapan2 kalo udah banyak, serial cinta ini dibukukan aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BUATLAH DIRIMU BERMANFAAT

KALENDER

Januari 2008
M S S R K J S
« Des   Feb »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

PENGUNJUNG

  • 80,650 TAMU

KUMPULAN TULISAN

free-dw CARI UANG DI INTERNET website stats ON LINE

Flickr Photos

Puffy

sunset at the sea

Mount Fuji at Dawn

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: