RIZQI FAJRIANA BLOG’S

5 hal yang perlu diketahui tentang diabetes

Posted on: 3 Oktober, 2008

By Sujatha Rajagopal

Walaupun begitu banyak informasi yang bisa didapat mengenai diabetes (kencing manis), beberapa kenyataan tentang penyakit ini masih sering membuat kita terkejut. Simak penjelasannya berikut yang sangat diperlukan oleh setiap keluarga dalam memerangi penyakit ini.

Mitos pertama mengatakan: Diabetes adalah penyakit yang diakibatkan karena mengkonsumsi gula terlalu banyak.
Walaupun pengurangan gula bisa mengurangi resiko dari diabetes tipe 2, penyakit ini tidak hadir secara langsung dari mengkonsumsi gula yang terlalu banyak. Namun nyatanya, seseorang yang diabetik tetap bisa makan makanan kecil yang mengandung lemak asalkan mereka mengkonsumsinya dalam jumlah kecil dan pada waktu-waktu yang ditentukan.

Untuk lebih mengerti kenapa seseorang bisa mendapat diabetes, kita harus lebih dulu paham akan peran hormon insulin dalam tubuh.

Apakah diabetes itu?
Pankreas adalah organ pada bagian perut Anda yang membantu tubuh untuk mencerna makanan. Hampir seluruh sel tubuh mendapat bahan bakarnya dari glukosa, salah satu jenis gula.  Bila Anda makan, pankreas akan memproduksi insulin.  Insulin akan mengizinkan glukosa untuk memasuki sel-sel tubuh, dan merendahkan kadar glukosanya dalam darah.

Karena tidak ada sebab nyata yang diketahui, tubuh seseorang tidak akan bisa memproduksi insulin (diabetes tipe 1). Ata u bilamana tubuh membuat insulin, hormonnya pun tidak akan mampu bekerja apa yang seharusnya dilakukan (diabetes type 2) sesuai dengan faktor-faktor seperti berat badan yang berlebihan atau tekanan darah tinggi.  Sebagai akibatnya, glukosa dari asupan makanan tidak bisa masuk ke sel tubuh secara normal.  Bila glukosa mlanjutkan untuk tetap tinggal dalam darah, itu akan menjadikan gula darah Anda tinggi dan akan menjadikan Anda sangat sakit.

Untuk tambahan, sebagian wanita akan mendapat diabetes di saat kehamilan tuanya. Ini yang disebut Gestational Diabetes, kencing manis yang terjadi saat kehamilan.  Gestational diabetes ini akan hilang di saat melahirkan, namun akan meninggalkan resiko pada si ibu untuk mendapat diabetes tipe 2.

Mitos kedua: Anakanak hanya mendapatkan diabetes juvenile (dibetes remaja) tipe 1. Juvenile diabetes ini lebih sering terdiagnosa pada orang-orang caucasia (kulit putih) di bawah usia 25. Diabetes tipe 2, pada umumnya diketahui hanya menyerang orang dewasa di masa umur 40 tahunan. Namun baru-baru ini diketahui juga bisa menyerang anak kecil sejak 5 tahun, yang disebabkan karena faktor diet yang tidak teratur dan gaya hidup. Survei menyatakan bahwa pada anakanak dan remaja yang diabetik, hampir 30% memiliki variasi dari diabetes tipe 2.

Faktor-faktor berikut ini dapat menimbulkan resiko diabetes tipe 2:
–    Latar belakang keluarga ada yang diabetik
–    Diet yang kurang sehat
–    Hidup yang tidak berpindah-pindah
–    Kenaikan pada berat badan, terutama pada bagian lingkar pinggang dan daerah perut.

Faktor-faktor lain yang juga beresiko bagi orang dewasa:
–    Umur di atas 45
–    Gestational diabetes selama kehamilan
–    Melahirkan bayi di atas 4 kg
–    Tekanan darah tinggi
–    Tingkat kolesterol yang kurang baik

Beberapa grup etnik, seperti Afrika – Amerika dan Asia –India juga memiliki resiko yang lebih tinggi akan diabetes ini.

Mitos ketiga: Kedua tipe diabetes ini bisa dihindari.
Sebetulnya, diabetes tipe 1 tidak mudah untuk dihindari. Namun, para ilmiah pun tidak begitu yakin siapa yang akan mendapat penyakit ini atau siapa yang tidak walaupun latar belakang keluarga sangat berpengaruh dalam hal ini. Lebih jauh lagi, genetik sendiri kurang tepat jika tidak dipengaruhi oleh infeksi virus sebagai pemicunya.

Diabetes tipe 2, bisa dihindari:
–    Memperhatikan berat badan (5% sampai 7% dari berat badan Anda bisa mengurangi resiko hingga 60%).
–    Menjalani hidup sehat, seperti berolah raga rutin dan mengkonsumsi makanan sehat, berserat dan rendah kalori.
–    Mempertahankan tekanan darah dan kolestrol pada tingkat yang sehat sesuai umur.

Mitos keempat:  Injeksi Insulin bisa menyembuhkan diabetes
Penyuntikan insulin adalah metode pengobatannya, bukan menyembuhkan. Diabetes tipe 2 ini mungkin memerlukan obat oral untuk membantu tubuh memproduksi insulin atau untuk membantu penggunaan insulin agar lebih efisien. Maka akan sangat penting untuk mengikuti instruksi dokter dengan benar apabila Anda sedang dalam pengobatan diabetes.

Para ilmiah sampai saat ini masih sangat agresif dalam mendalami penyembuhan penyakit ini, yang sampai saat ini merupakan penyakit seumur hidup. Walaupun Anda sudah membaik, namun Anda kembali ke gaya hidup yang sebelumnya atau naiknya berat badan dapat langsung mengembalikan penyakit itu kembali.

Mitos kelima: Diabetes hanya akan mempengaruhi glukosa darah saja
Tidak ada yang bisa meremehkan kehadiran diabetes pada setiap orang. Gejala yang sangat umum adalah sering membuang air, sering haus/ lapar, luka yang lama sembuh, dan mudah penat. Namun, bila tidak diobati dengan benar, diabetes bisa menjadi awal dari penyakit komplikasi kronik seperti:

–    Kerusakan saraf atau neuropathy
–    Komplikasi kaki yang berhubungan dengan neuropathy
–    Retinopathy (kerusakan pada saraf mata). Tercatat pada American Optometric Association bahwa diabetes merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.
–    Nephoropathy atau penyakit ginjal
–    Penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan stroke
–    Problem kulit
–    Penyakit gusi dan komplikasi kesehatan oral lainnya

Apa yang seharusnya Anda ketahui tentang penyakit ini adalah jangan tinggal diam. Diabetes sering tidak terdiagnosa karena gejalanya memang sering dianggap remeh. Menjalani tes gula darah rutin akan membantu Anda untuk mengetahui lebih awal.  Bila Anda terdeksi diabetes, setidaknya akan lebih mudah untuk pengobatannya dan komplikasi lainnya akan lebih mudah untuk dihindari.

Sumber:
http://diabetes.webmd.com/diabetes-faq
http://www.kidshealth.org/kid/centers/diabetes_center.html

1 Response to "5 hal yang perlu diketahui tentang diabetes"

thanks bgt…… atas info nya.bermanfaat sekali,kbetuan aku lg butuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BUATLAH DIRIMU BERMANFAAT

KALENDER

Oktober 2008
M S S R K J S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

PENGUNJUNG

  • 80,650 TAMU

KUMPULAN TULISAN

free-dw CARI UANG DI INTERNET website stats ON LINE

Flickr Photos

Puffy

sunset at the sea

Mount Fuji at Dawn

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: